Kumpulan Text Editor Terbaik pada tahun 2020

Kumpulan Text Editor Terbaik pada tahun 2020

Semua sistem operasi yang ada Windows dan Mac memiliki text editor dasar, tetapi TextEdit dan Notepad tidak cukup untuk pengembang web yang serius. Untungnya, tidak ada kekurangan alternatif. Di bawah ini adalah beberapa ringkasan text editor terbaik pada tahun 2020 termasuk beberapa opsi gratis dan premium.

Mengapa kalian Perlu Text Editor Lebih Lanjut?

Pengembang web dan editor software menggunakan text editor untuk membuat perubahan kode atau memulai file dari awal menggunakan HTML, CSS, JavaScript, atau bahasa pemrograman lainnya. Jika kalian tidak tahu format file, kalian dapat membukanya dengan text editor untuk melihat kode yang ada di dalamnya. Text Editor juga sangat berguna untuk menghapus pemformatan, gaya font, dan hyperlink dari teks tersebut. Tugas-tugas ini dapat diselesaikan dengan menggunakan text editor default untuk Windows atau Mac; namun, jika kalian mencoba membuat software, aplikasi atau situs web yang kompleks, text editor yang lebih canggih dapat membuat prosesnya lebih mudah.

Text Editor dengan Kolaboratif Terbaik

Ada beberapa text editor berbasis online tertentu yang tersedia yang dibuat untuk penggunaan kolaboratif. Apakah itu untuk keperluan wawancara, sesi pengkodean tim, atau berbagi kode mudah, text editor kolaboratif ini sangat bagus untuk dengan mudah mendapatkan lebih dari satu set mata pada kode kalian.

1. Codeanywhere

Codeanywhere menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk pengkodean saat bepergian. Muncul dengan editor yang intuitif, agar kalian dapat terhubung dari jarak jauh, memiliki konsol terminal bawaan, dan menyediakan kemampuan untuk melacak revisi.

Dengan Codeanywhere kalian dapat dengan mudah berbagi file atau menyelesaikan folder project dengan kolaborator apa pun melalui tautan berbagi yang sederhana.

Codeanywhere memang datang dengan tipe gratis namun juga memiliki harga mulai dari $2/bulan hingga $40/bulan.

2. CodePen

CodePen sudah dikenal sebagai platform yang cukup kolaboratif. Kalian dapat membuat project langsung di platform CodePen dan membaginya dengan orang lain. Namun, CodePen juga dilengkapi dengan Mode Collab yang dapat kalian gunakan dengan kolaborator lainnya untuk mengedit project secara bersamaan.

Meskipun Mode Collab memang membutuhkan langganan PRO untuk pembuat project baru, kolaborator tidak diharuskan membayar untuk melakukan pengeditan. Selain itu, mode ini juga dilengkapi dengan fitur obrolan yang praktis sehingga kalian dapat mendiskusikan perubahan apa pun dengan tim kalian secara berkala.

3. CodeShare

CodeShare adalah layanan yang dapat kalian gunakan untuk berbagi kode secara berkala. Ini sangat berguna untuk keperluan perekrutan jarak jauh, ulasan kode, sesi debugging, dll. Salah satu pembeda dari CodeShare adalah bahwa hal itu juga dapat kalian gunakan untuk berbicara melalui video, yang dalam beberapa kasus terbukti sangat bermanfaat.

Kalian harus memasukkan kode dari lingkungan pengembangan lokal kalian dan harus dicatat bahwa kode hanya disimpan selama 24 jam kecuali jika kalian membuat akun.

Text Editor Gratis Terbaik pada tahun 2020

Semua pilihan yang ada di bawah ini mendukung sebagian besar bahasa pemrograman utama, tetapi tidak ada yang mendukung setiap bahasa. Sebelum kalian mendownload text editor ini, harap periksa situs web pembuat untuk memastikan bahwa bahasa pilihan kalian didukung. Jika kalian terutama mengembangkan situs web, maka editor ini harusnya memadai.

1. Notepad++

text editor notepad++

Sebagai versi yang ditingkatkan dari Notepad default untuk Windows, Notepad++ melakukan semuanya yang dapat dilakukan disini dan masih banyak lagi. Alat ini dapat kalian gunakan untuk membuka dokumen di tab baru sehingga kalian dapat mengedit banyak file tanpa harus membuka dan menutupnya. Kalian juga dapat mengontrol semua tab secara bersamaan untuk membandingkan perbedaan dokumen, dan mencari teks dan mengganti teks tersebut.

Notepad++ hanya berfungsi dengan perangkat Windows, tentu saja, tetapi ada versi seluler yang tersedia. Ada juga banyak plugin yang dapat kalian download untuk mengatur fitur save automatic, menggabungkan teks dari banyak dokumen dan masih banyak lagi.

2. Atom

text editor atom

Atom adalah text editor open source yang relatif baru (dirilis pada tahun 2015) yang berfungsi untuk Mac, Windows dan Linux. Text editor yang sangat dapat disesuaikan ini didukung oleh komunitas pengembang yang berkomitmen, sehingga kalian akan memiliki akses ke puluhan plugin dan tema. Atom bahkan dilengkapi dengan alat bawaan untuk membuat plugin kalian sendiri. Karena editor ini dibuat secara eksklusif dengan teknologi web seperti HTML, JavaScript dan CSS, setiap pengembang web yang berpengalaman harus merasa betah dengan Atom.

3. Vim

text editor vim

Vim adalah salah satu text editor terbaik ketika dirilis pada tahun 1991, jadi fakta bahwa itu ada dalam daftar ini adalah bukti kebesaran program ini. Bahkan pada tahun 2020, pengembang masih menghasilkan skrip dan pembaruan baru. Karena usia editor, dokumentasi dan tutorial tentang Vim mudah ditemukan. Vim bekerja di semua platform utama.

4. Visual Studio Code

text editor visual studio code

Seperti Atom, Visual Studio Code masih relatif baru (juga dirilis pada tahun 2015) namun telah berhasil mendapatkan sedikit daya tarik sejak saat itu. Alat ini dibangun untuk menjalankan lintas platform, memiliki ekosistem plugin yang luas, dan dilengkapi dengan beberapa fitur sambutan untuk membuat hidup lebih mudah termasuk:

  • Memiliki perintah git bawaan
  • IntelliSense, yang melampaui penyorotan dan perlengkapan otomatis dengan penyelesaian yang cepat
  • Dapat langsung dijalankan di editor

VSCode juga terbukti lebih cepat daripada text editor populer lainnya seperti Atom. Selain itu, jika kalian lebih suka bekerja dengan gangguan minimal, kalian juga dapat mengaktifkan "Mode Zen" VSCode yang menyembunyikan semua menu/jendela dan memaksimalkan layar editor.

5. Komodo Edit

text editor komodo edit

Selain penjelajahan dengan tab, Komodo Edit menawarkan banyak opsi UI untuk membuat pengeditan senyaman mungkin. Misalnya, Mode Fokus menyembunyikan semua jendela terbuka lainnya sehingga kalian dapat berkonsentrasi pada pengkodean. Atau, kalian dapat memilih untuk melihat folder di sisi editor. Fitur yang diremehkan tetapi sangat dihargai adalah tombol yang dapat kalian gunakan untuk kembali ke lokasi kursor sebelumnya. Jika kalian memerlukan fungsionalitas yang lebih canggih seperti debugging, pengujian unit dan refactoring kode, silahkan dicoba.

6. Brackets

text editor brackets

Brackets ini dibuat dengan mempertimbangkan pengembang web. Akibatnya, ada versi brackets untuk Linux, Windows dan Mac. Jangan tertipu oleh UI sederhana; Brackets mendukung lusinan pintasan keyboard di samping fitur-fitur canggih seperti pengeditan layar yang terpisah. Dengan fitur Live Preview, kalian dapat melihat halaman web kalian diperbarui secara berkala saat kalian mulai mengedit file CSS dan HTML. Pluginnya sendiri memberikan dukungan tambahan untuk hal-hal seperti validasi W3C dan alat Python.

7. TextMate

text editor textmate

TextMate adalah text editor yang cukup hebat khusus untuk pengguna Mac. Alat pemenang penghargaan Apple Design Award ini memiliki semua fitur yang kalian harapkan seperti pencarian dan penggantian, indentifikasi otomatis dan penyelesaian kata. Kalian dapat membuat kode dalam bahasa pemrograman apa pun, tetapi TextMate juga dilengkapi dengan alat khusus khusus untuk membangun project Xcode.

Text Editors yang berbayar dan terbaik

1. CoffeeCup HTML

text editor coffecup html

Seperti namanya, CoffeeCup HTML Editor yang sangat ideal untuk membuat dan mengelola dokumen HTML. Karenanya, ini adalah pilihan yang populer di kalangan pengembang web. Fitur premium yang ada termasuk cleanup code dan validasi HTML. Ada versi gratis dengan lebih sedikit fitur, tetapi kalian dapat mencoba program lengkap gratis selama 21 hari.

Harganya: $49 (Rp. 697.368,00)

2. Coda

text editor coda

Coda tetap menjadi salah satu text editor terbaik satu dekade penuh setelah rilis awal. Seperti Dreamweaver, Coda sangat kaya akan fitur sehingga praktis digunakan dan merupakan IDE. Coda khusus untuk Mac, jadi itu dibangun dengan pecinta Apple saja. Jika kalian menginginkan program serupa untuk Windows, coba UltraEdit.

Harganya: $99 (Rp. 1.409.195,70)

3. BBEdit

text editor bbedit

Eksklusif Apple lainnya, BBEdit adalah penerus spiritual untuk TextWrangler. BB adalah singkatan dari bare bones, yang merupakan deskripsi tepat untuk tampilan BBEdit, tetapi text editor premium ini mendukung fitur-fitur canggih seperti lipatan kode dan integrasi Git. Coba versi lengkap tanpa biaya selama 30 hari.

Harganya: $49.99 (Rp. 708.098,35)

4. Sublime Text

text editor sublime text

Hanya karena Sublime Text ringan, bukan berarti tidak memiliki fitur. Sublime Text dibuat dari bawah ke atas dengan API Python untuk pengembang yang bekerja dengan kode sepanjang hari. Berkat array editor dari pintasan keyboard, kalian dapat dengan cepat menavigasi kode kalian dan membuat perubahan ke beberapa baris sekaligus. Sublime Text tidak hanya cross-platform, tetapi menggunakan fungsi asli dari masing-masing OS untuk mengoptimalkan kecepatan dan kemudahan penggunaan.

Sublime dapat didownload untuk evaluasi secara gratis namun penggunaan yang berkelanjutan membutuhkan pembelian lisensi.

Harganya: $80 (Rp. 1.132.880,00)

Penutup

Jika Anda baru mengenal developer web, mulailah dengan open source text editor seperti Atom atau Bracket. Banyak editor gratis yang cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar project web. Ketika kalian mendapatkan kepercayaan pada kemampuan pengkodean kalian, kalian mungkin membutuhkan text editor berbayar, sehingga opsi premium dapat bernilai investasi jika dapat membantu kalian bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

  • Berbagi

Dapatkan template Blogger 🚀

Download secara gratis template Blogger

Mulai melihat